Kamis, 27 Oktober 2011

Perawatan Komputer

Perawatan Komputer

Komputer adalah teknologi masa kini yang banyak pengetahuan dari sini, mulai dari mengetik, membuat animasi, membuat surat, dll. maka dari itu, komputer harus dirawat dengan baik dan benar.
Sebenernya merawat sebuah komputer dapat dikatakan gampang - gampang susah. Susahnya adalah takut terjadi kesalahan yang sangat fatal.
Merawat sebuah komputer sebenernya kegiatan yang sederhana (Bagi yang mengerti ), ada 2 hal yang harus diperhatikan :
1.      Perawatan dari Luar (Hardware)
2.      Perawatan dari Dalam (Software)

kalau komputer tidak dirawat dengan baik dan benar, maka komputernya akan cepat rusak. Maka dari itu, anda harus merawatnya dengan baik dan benar seperti dibawah ini :

1.      Perawatan dari luar
1.      Bersihkan motherboard dan peripheral yang lain secara berkala
Setidaknya 2 kali dalam setahun sekali, hal ini harus dilakukan dengan membuka casing CPUnya terlebih dahulu, kemudian bersihkan komponen yang berada di dalamnya. ( hati - hati dalam membersihkannya )
b. Pakailah STAVOLT / UPS
Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada HD. Kalau  tidak mempunyai UPS, mak pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
c. Ventilasi yang cukup
Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang AC di dalam CPU.
d. Jangan pernah mendekatkan benda yang mengandung MAGNET
Magnet akan mengakibatkan warna monitor akan menjadi tidak rata atau belang – belang karena pengaruh medan magnet yang ada pada barang tersebut.

  1. Perawatan dari dalam
1. Defrag HD secara berkala
Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file – file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.

2. Aktifkan screen saver
Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat, maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup atau kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
Cara+ mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda.
3. Close program yang tidak berguna
      Kalau anda tidak menutup program yang tidak dipakai, maka RAM anda termakan sia - sia, dan megakibatkan LOLA ( Loading Lama ) / LEMOT ( Lemah Otak )
4. Install anti virus yang menurut anda mampu menghilangkan virus komputer
kalau anda download memiliki anti virus, anda berhak meng-UPDATE anti virusnya
5. Uninstall program yang nggak kepake
    Kalau anda biasa Menginstall program, maka pilihlah program tersebut yang paling berguna dan bermanfaat bagi anda. karena dengan adanya program yang tidak terpakai itu akan memakan memori anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar